Kamis, 03 Desember 2020

Mengenal WINE Untuk Menjalankan Software Windows Lintas Platform

Tampilan Desktop Wine 3.0-Eltechs Pada Exagear Android

Wine adalah sebuah perangkat lunak pada sistem operasi GNU/Linux dan Unix-Like, yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft windows secara langsung (native) pada sistem operasi GNU/Linux dan Unix-like.
Beberapa Software Aplikasi bawaan pada Wine 3.0 diantaranya:
  1. Wine Configuration
  2. Wine Configurations berfungsi untuk menentukan jenis Windows,Mengkonfigurasi Grafis,Driver,hingga Melihat versi Wine yang sedang digunakan. Untuk membuka Wine Configuration silahkan klik tombol Start > Run lalu ketikkan winecfg dan klik OK.

  3. Wine File Manager
  4. Wine File Manager berfungsi sebagai pengelola file/folder yang tersimpan pada memori penyimpanan kita. Untuk mengakses Wine FM ini kita tinggal klik Start > Run lalu ketik winefile dan klik enter/OK.

  5. Wine Minesweeper
  6. Minesweeper adalah sebuah game bawaan Windows yang kini juga hadir pada Wine sebagai game bawaan. Untuk membukanya kita pergi ke Start > Run dan ketikkan winemine lalu enter.

  7. Task Manager
  8. Aplikasi bawaan wine ini berfungsi untuk memonitoring aplikasi lainnya yang berjalan pada CPU/Prosessor, kita bisa menambah/menghapus tugas pada Task Manager ini. Untuk mengaksesnya kita klik Start > Run dan ketik taskmgr lalu enter/ok.

  9. Registry Editor
  10. Aplikasi ini berfungsi untuk memodifikasi (menambah/menghapus) registry yang ada pada Wine. Untuk membukanya kita perlu pergi ke Start > Run dan ketik regedit pada kolom input Run lalu enter.
Selain itu kita bisa menginstall Software Aplikasi lainnya berekstensi *.exe pada Wine ini. Sekian Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar