Jumat, 24 Juni 2016

Cara Mengaktifkan Suara Login Desktop di Ubuntu 14.04

Pada kesempatan pagi yang dingin ini saya akan sedikit berbagi cara mengaktifkan/menghidupkan sound khas Ubuntu pada GNU/Linux 14.04 LTS. Dulu ketika saya awal mengenal Ubuntu adalah saat belajar tentang MSOJK (Menginstall Sistem Operasi dan Jaringan Komputer) waktu kelas X SMK jurusan RPL. Saya muncoba Ubuntu (saya lupa versi berapa) di VirtualBox. Pada waktu itu selesai proses instalasi ada backsound yang unik dan berbeda dengan Wind*w*. Namun semenjak saya menginstall Ubuntu 14.04 saya tidak merasakan kesamaan dengan Ubuntu yang pernah saya coba di VirtualBox dulu, yaitu tidak adanya desktop login sound. Saya mencoba mencari cara untuk mengaktifkan suara login Desktop tersebut dengan menelusuri artikel demi artikel di Google dan akhirnya ketemu.Oke langsung saja.
- Buka Terminal kemudian ketikkan: sudo gedit /etc/xdg/autostart/loginsound.desktop
- Isikan mantra berikut kedalam teks editor yang terbuka tsb:
[Desktop Entry] Name=GNOME Login Sound 
Type=Application 
Exec=/usr/bin/canberra-gtk-play --id="desktop-login" --description="GNOME Logo Sound"

- Klik SAVE, tutup teks editornya lalu restart PC/Laptopnya dan rasakan bedanya :D
Sekian semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar